BERITA TERKINI

Friday, April 12, 2013

|Jalan2 Terus| Bendahara PKS Tak Penuhi Panggilan KPK Karena Sedang di Luar Negeri

Bendahara PKS Tak Penuhi Panggilan KPK
Penulis : Icha Rastika | Kamis, 11 April 2013 | 18:34 WIB



JAKARTA, KOMPAS.com - Bendahara Umum Partai Keadilan Sejahtera Mahfudz Abdurrahman tidak memenuhi panggilan pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi, Kamis (11/4/2013). Ia akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan tersangka mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq.

Mahfudz tidak memenuhi panggilan KPK hari ini dengan alasan tengah berada di luar negeri. "Tadi ada konfirmasi bahwa Pak Mahfudz ini sedang berada di luar negeri," kata Juru Bicara KPK Johan Budi. Oleh karena itu, lanjut Johan, KPK akan menjadwalkan ulang pemeriksaan Mahfudz.

KPK memeriksa Mahfudz karena dia dianggap tahu seputar kasus TPPU yang menjerat Luthfi. Selain Machfud, KPK memanggil saksi lainnya, yakni Direktur PT Guna Bangsa Perkasa Faiz Nezaretth, dua orang kalangan swasta Ongki Wijaya Ismail Putra dan Priyatno Edi Kuncoro, serta pensiunan TNI Tani Margono.

Dalam kasus TPPU ini, KPK menetapkan Luthfi sebagai tersangka. Dia diduga menggunakan uang hasil tindak pidana korupsi untuk pembelian sejumlah aset. Adapun kasus TPPU yang menjerat Luthfi ini merupakan hasil pengembangan penyidikan kasus dugaan penerimaan hadiah kepengurusan kuota impor daging sapi.

Luthfi bersama-sama Ahmad Fathanah diduga menerima pemberian hadiah atau janji dari PT Indoguna Utama. Fathanah juga ditetapkan sebagai tersangka TPPU.

Code:
http://nasional.kompas.com/read/2013/04/11/18340863/Bendahara.PKS.Tak.Penuhi.Panggilan.KPK



Sedang di Luar Negeri, Bendahara Umum PKS Urung Diperiksa KPK
Mahfudz diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap daging sapi impor.

Kamis, 11 April 2013, 19:42 Maya Sofia, Erick Tanjung



VIVAnews - Bendahara Umum Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mahfudz Abdurrahman, batal diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, 11 April 2013. Menurut Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, yang bersangkutan sedang tidak berada di Indonesia.

"Mahfudz ini sedang berada di luar negeri, jadi tidak bisa hadir. Jadi (pemeriksaan) akan dijadwal ulang," kata Johan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, 11 April 2013.

Mahfudz rencananya akan dimintai keterangan terkait dugaan suap kuota daging sapi impor di Kementerian Pertanian dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan tersangka mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq.

"Dia akan diperiksa sebagai saksi terkait Tindak Pidana Korupsi (TPK) dan TPPU," kata Johan.

Meski demikian, Johan mengaku tidak mengetahui apakah pemeriksaan Bendahara Umum PKS ini berkaitan dengan dugaan aliran dana ke PKS. "Apakah ada aliran dana ke Partai, saya tidak tahu kalau soal materi (pemeriksaan)," ucapnya.

Selain Mahfudz, hari ini, KPK rencananya memeriksa pensiunan TNI bernama Tanu Margono dan Elda Devianne Adiningrat sebagai saksi untuk Luthfi. Keterangan Elda yang juga Direktur Utama PT Radina Niaga itu akan dipakai penyidik untuk menambah berkas tersangka lainnya dalam kasus ini, yakni Ahmad Fathanah.

Tiga orang dari pihak swasta juga dijadwalkan untuk diperiksa bagi Ahmad Fathanah, yakni Faiz Nezareth (Direktur PT Guna Bangsa Perkasa), Ongky Wijaya Ismail Putra (swasta), dan Priyatno Edi Kuncoro (swasta). (ren)

Code:
http://nasional.news.viva.co.id/news/read/404494-sedang-di-luar-negeri--bendahara-umum-pks-urung-diperiksa-kpk


[imagetag] Ke mana nih jalan2nya? Ke Turki lagi?

Blog Archive