Thursday, May 9, 2013

Maling dihajar dan dibakar massa, tapi mengapa?


contoh berita
Jadi Saya sering melihat di televisi terutama berita kriminal di siang hari, tentang penodongan ataupun pencurian. Dan sepengalaman saya menonton berita kriminal itu melalui tv, internet atau koran, 99% maling yang tertangkap basah selalu dihakimi massa dan parahnya mereka akan dihajar habis-habisan bahkan dengan benda yang keras atau tajam, ditelanjangi di umum atau paling tidak hanya mengenakan cd, dan skenario terburuk walau sudah tidak berdaya masih juga dihajar bahkan dibakar hingga tewas plus ada yang mengambil gambar mayat tersebut dengan kamera pernah ada yang seperti itu. Okey masalah saya dengan hal ini ada dua:

Pertama, saya benci maling tapi maling juga manusia kalo bertengkar dengan maling untuk bela diri dan masyarakat membantu menangkap tuh maling , masih masuk akal tapi ketika sudah tidak berdaya lalu masyarakat masih juga main hakim sendiri - dihajar habis-habisan, telanjangi, dibakar. Menurut saya sudah diluar batas apalagi bagaimana perasaan keluarganya menyaksikan kerabatnya digituin ? memang gampang rame-rame menertawai kemalangan orang, tapi tidak mudah menerima jika hal buruk terjadi pada anda .

Kedua, dihajar secara sadis, ditelanjangi di publik bahkan dibakar hidup-hidup hanya bisa terjadi jika maling itu adalah laki-laki bahkan sering masuk tv tanpa sensor yah kecuali kemaluannya atau pas dibakar. Jadi yah entahlah tapi saya merasa ini seksis pada laki-laki. Bisa bayangkan kalau terjadi pada wanita ? semua akan sangat peduli jika itu yang mengalaminya maling wanita entah media menyebutnya kekerasan pada wanita atau melecehkan wanita tapi kalo dialami laki-laki tak ada yang peduli. Karena kurangnya simpati jika terjadi pada laki-laki
Pernah Ada beberapa kali saya menonton berita pencurian tapi sedikit dibalik situasinya pencurinya merupakan wanita , masyarakat hanya menangkapnya menggunting rambutnya dan menyerahkan ke polisi . atau pernah berita model mabok yang menabrak polisi dan dalam kondisi berbikini maka masyarakat segera menutup tubuhnya , dan media yang mengambil gambar wanita ini berbikini harus menyensornya terlebih dahulu sebelum beritanya diterbitkan. Bisa liat standar gandanya? Yah beginilah persepsi budaya kita dalam bagaimana memperlakukan pria dan wanita yang berbuat kriminal, Saya pribadi akan mengatakan ini tidak adil jika masyarakat dan media masih menghargai walau wanita itu berbuat kriminal harusnya begitu juga dengan pria .

Terima kasih telah membaca.

Blog Archive