Wednesday, May 29, 2013

PERAWAT menuntut untuk bisa BERPRAKTEK MANDIRI layaknya DOKTER


Akhir-akhir ini ane sering mengikuti isu-isu tentang kesehatan di Indonesia. Mulai dari isu malpraktek, KJS, sampai perawat yang demo menuntut untuk disahkannya RUU Keperawatan. Nah ane tergelitik dengan isu terakhir ini gan, tentang RUU Keperawatan. Tanggal 21 Mei 2013 kemaren ternyata para perawat yg tergabung dalam PPNI (gak tau kepanjangannya apa) demo di depan gedung DPR. Ane penasaran gan, lalu ane tanya ama mbah gugel apa itu RUU Keperawatan. Ketemu gan, ternyata mbah gugel wawasannya luas. Salut ama mbah gugel.. [imagetag]

Setelah ane cermati isi RUU itu banyak yang aneh bin ajaib gan. Diantaranya perawat menuntut untuk bisa berpraktek mandiri, mendiagnosis penyakit, melakukan tindakan medis, dan mengobati atau meresepkan obat gan. Lah, ini kan wewenangnya dokter. Gak abis pikir ane gan perawat sekolahnya untuk merawat pasien tapi mereka menuntut untuk bisa praktek kayak dokter. Apa gak bakalan nambah kasus malpraktek di negri ini nantinya gan? Bijimane menurut agan dan aganwati? [imagetag]

Anehnya lagi gan Komisi IX DPR menyetujui RUU ini, ane dikasih tau mbah gugel lagi ini gan (mbah gugel emang hebat gan). Alasan anggota dewan yang terhormat itu untuk alternatif kekurangan dokter di daerah. Tooeeenngg, ini gak masuk akal ane lagi gan. Masa� perawat mau menggantikan dokter, sekolahnya aja beda. Dokter sekolah 6 tahun, trus ada uji kompetensi kalo gak lulus UKDI gak bisa praktek gan. Menurut pandangan ane alasan seperti itu cuma berlaku di jaman dahulu kala ketika memang jumlah dokter minim gan. Setau ane di Indonesia ini udah ada 72 FK (negri dan swasta) yang tiap tahun masing-masing FK menghasilkan 100-200an dokter gan.

Ane rasa jumlah dokter udah cukup cuman menumpuk di kota gan. Menurut abang ane yang udah dokter, kuota PTT dokter ke daerah sedikit. Banyak dokter yang daftar, tapi lebih banyak yang gak ketrima daripada yg ketrima PTT daerah gan. Nah dari sini aja ane bisa simpulkan kalau PEMERINTAH GAK MAMPU (atau gak mau) MELAKUKAN PEMERATAAN DOKTER. Kalau solusi ane sebagai rakyat jelata nih gan, TAMBAH ANGGARAN KESEHATAN, TAMBAH KUOTA PTT DAERAH, PERHATIKAN KESEJAHTERAAN DOKTER. Itu aja gan ane rasa cukup bisa memecahkan permasalahan kesehatan di negri kita tercinta Indonesia ini gan.

Ane emang gak pinter-pinter amat gan tapi sepertinya logika berpikir ane lebih cerdas dari anggota dewan yang terhormat itu gan. Betul gak gan? Kasih cendolnya kalo betul gan [imagetag] Jangan pelit-pelit gan.. Kasih komengnya jg gan, jgn jd silent reader, ane minta sumbangsih pendapat agan demi kemajuan negri kita ini. Ceileeh.. [imagetag]

Blog Archive