Sunday, May 19, 2013

solusi kemacetan jakarta


maaf nih gan, mau nompang ngasih unek-unek dulu nih
Solusi Mengatasi/Mengurangi Kemacetan di Jalan Tol Dalam Kota Jakarta
I. Pendahuluan
A.Latar Belakang
Mengingat semakin majunya teknologi kususnya dibidang transportasi yang dapat menimbulkan masalah tersendiri bagi masyarakat Jakarta kususnya dan rakyat Indonesia pada umumnya . Sebagaimana yg kita lihat selama ini banyaknya warga Jakarta yg memiliki pengahasilan lebih, maka tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk memiliki sebuah kendaraan baik mobil maupun motor.Kemacetan tentu bukan hal yg baru bagi warga Jakarta yang sekarang berjumlah lebih dari 10 juta jiwa . Seperti yg kita ketahui setiap jam Jakarta dibayangi dengan kemacetan dimana mana, apalagi pada jam-jam sibuk (pagi dan sore).Contohnya saja di pintu gerbang tol cililitan dari arah bogor ke jakarta setiap pagi kendaran mengalami antrian yg sangat panjang , ini tentunya sangat merugikan bagi kebanyakan orang yg dengan berbagai kepentingannya.Banyak pemborosan-pemborosan yg seharusnya tidak perlu terjadi mulai dari borosnya penggunaan BBM (bahan bakar minyak) , waktu , tingkat stress yg tinggi dll.
B.Tujuan
Dari uraian diatas maka penulis terhimbau untuk mengatasi masalah tersebut di atas.
II.Pembahasan
A.Defenisi
Macet adalah suatu peristiwa dimana tidak berfungsinya jalur-jalur yg ada di jalan disebabkan oleh banyaknya volume kendaraan yg menutupi jalur tersebut, sehingga terjadi penumpukan kendaraan dalam rentan waktu yg cukup lama.
B.Solusi
Seperti yg kita ketahui jumlah kendaraan yg ada di jalan tol dengan jalan biasa berbanding hampir sama , apabila keduanya bertemu maka kemacetan tidak akan terhindarkan , maka perlu ruang untuk jumlah kendaraan di jalan biasa untuk tetap bisa melaju.Menurut saya kita harus mengurangi volume salah satu dari jalan tersebut. Di sini kita akan mengurangi volume kendaraan yg berada di jalan tol karena kita tidak mungkin mengurangi volume kendaraan di jalan biasa, maka saya menawarkan solusi sebagai berikut:
1.Pembagian waktu penggunaan jalan tol dan harga karcis tol (jangka pendek dan panjang)
a.Jam 06.00-10.00 WIB hanya boleh digunakan oleh kendaraan umum dengan harga normal sedangkan kendaraan pribadi dengan harga RP 100.000 / kendaraan
b.Jam 10.00-16.00WIB boleh digunakan oleh kendaraan pribadi dan umum dengan harga karcis normal
c.Jam 16.00-19.00WIB hanya boleh digunakan oleh kendaraan umum dengan harga normal sedangkan kendaraan pribadi dengan harga RP 100.000 / kendaraan
d.Jam 19.00-06.00WIB boleh digunakan oleh kendaraan pribadi dan umum dengan harga karcis normal

Dari uraian diatas maka pada jam sibuk ( pagi dan sore) kemacetan di jalan biasa akan bekurang 50 %.Logikanya adalah pertemuan dua arus yg menyebabkan kemacetan harus dikurangi salah satunya.Adapun pengguna jalan tol berpindah kejalan biasa pada waktu pagi dan sore kemungkinan akan kecil karena itu akan menyebabkan kemacetan yg sangat parah dan mereka mau tidak mau akan menggunakan kendaraan umum sebagai transportasi.
Tentu ini akan menimbulkan pro dan kontra tetapi efek dominonya sangat tinggi , semua pihak akan terlibat mulai dari ORGANDA , DISHUB, POLISI dan tentunya jasa marga .
Pemerintah daerah akan membuat layanan transportasi umum yg layak bagi warga Jakarta , para pelaku usaha jasa transportasi akan dilibatkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya seperti metro mini dan kopaja akan diperbolehkan masuk ajalan tol tentunya dengan syarat kendaraan mereka harus layak dan bisa digunakan dengan baik.
Sebenarnya hal ini sudah lama didengung dengungkan oleh pemerintah DKI Jakarta , dimana penggunaan transportasi umum sebagai solusi mengatasi kemacetan Jakarta , seperti yg kita lihat diberbagai Negara lain dimana sarana transportasi umum mereka sangat memadai kenapa tidak itu yg kita contoh sebagai solusi kemacetan di Jakarta.
III.Kesimpulan
Dari uraian yg sudah saya sampaikan diatas maka intinya adalah di sini saya hanya menekankan penggunaan transportasi umum karena menurut saya solusi yg selama ini diberikan oleh jasa marga tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.Penggunaan transportsi umum adalah solusi yg sangat tepat untuk mengatasi kemacetan.
Sekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat dan terima kasih banyak.


Blog Archive